Tentang Mancing dan Istilah dalam Mancing

Halo Sobat Malez Banget, Kali ini saya akan membahas tentang sejarah Mancing dan istilah istilah yang dikenal dalam Olahraga Mancing, daripada berlama lama langsung saja kita simak apa itu Mancing.

Apakah itu Mancing?

Mancing bisa di artikan sebagai sebuah usaha untuk mendapatkan Ikan, bisa tanpa mengunakan alat bisa juga dengan mengunakan alat seperti Menembak Ikan ( Spear Fishing ), Menjala Ikan ( Net Fishing ), Memanah Ikan (Bow Fishing).

Sejarah Mancing

Mancing sendiri sudah dikenal dari zaman 10.000 tahun sebelum masehi, bukti itu ditemukan di beberapa artefak kuno di daerah eropa berupa gambar aktifitas menombak ikan oleh manusia purba, sisa sisa  tulang ikan purba hasil buruan, dan mata kail.

Di Zaman Modern ini memancing sudah berkembang pesat sekali, Aktifitas memancing yang dulunya digunakan untuk mencari sumber makanan dan sebagai pekerjaan telah berubah menjadi sebuah cabang Olahraga yang cukup digemari di seluruh dunia. Dan ada beberapa Organisasi yang mengawasi hal ini seperti.

IGFA ( International Game Fish Association )

FORMASI ( Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia)

 


Mancing Berdasarkan Lokasi Mancingnya

 

Saltwater Fishing

yaitu kegiatan menangkap ikan di laut atau pantai.

Freshwater Fishing

yaitu Kegiatan menangkap ikan di sungai atau danau ber air tawar.

Estuari Fishing

yaitu Kegiatan menangkap ikan di rawa-rawa / hutan bakau berair payau.



Gunakan CTRL + F untuk membantu anda mencari istilah mancing yang ingin anda ketahui.


Istilah - Istilah dalam Mancing

Joran / Rod / Walesan adalah sebuah tongkat yang digunakan untuk membantu menangkap ikan biasanya berbahan carbon, fiber ataupun bambu.

Reel atau Kerekan adalah sebuah alat yang digunakan untuk menggulung benang pancing.

Line adalah tali yang digunakan untuk memancing, biasanya berbahan plastik, atau nylon, ataupun serat fiber.

Braid Line / Pe adalah tali pancing modern yang menggunakan bahan serat fiber yang dikepang sehingga menciptakan perpaduan sempurna antara kekuatan ketahan dan tanpa elongasi alias tidak melar saat ditarik sehiinga lebih memudahkan pemancing untuk mendapatkan strike.

Tegek / Pole adalah joran pancing yang tidak memiliki tempat dudukan reel dan tali pancing hanya di ikat di ujung joran biasanya joran ini digunakan untuk mencari ikan - ikan kecil dan juga biasanya para pemancing menggunakan joran jenis ini untuk meningkatkan adrenalin karena jika mendapatkan ikan yang besar dengan joran ini kita harus bersabar meladeni perlawanan ikan.

Baca Juga : Tips Merawat Joran Pancing

Angler adalah sebutan untuk seorang pemancing.

Popping adalah teknik memancing yang menggunakan umpan top water dengan mulut umpan berbentuk mangkok yang disebut Popper yang jika diretrive akan berbunyi Pop... Pop... Pop... biasanya teknik mancing ini digunakan untuk menangkap ikan yang teritorial seperti ikan Giant
Travely, jadi suara umpan tersebut berfungsi sebagai pengusik ikan yang sedang menjaga teritorinya. sehingga ikan yang terganggu teritorinya tersebut akan langsung menghantam umpan popper tersebut.

Jigging adalah teknik menangkap ikan dari kedalaman laut menggunakan umpan yang disebut metal jig, umpan ini berbahan dasar logam dan timah yang dibentuk seperti seekor ikan, umpan akan diturunkan sampai sadar laut kemudian digulung sambil disentak ke permukaan.

Casting adalah memancing menggunakan umpan buatan seperti, spoon, frogy dan minnow.

Ajing adalah teknik mancing yang populer di Jepang, yang targetnya adalah ikan Horse Makarel atau disebut Aji.

Eging adalah teknik mancing yang menargetkan cumi-cumi sebagai target utama, dengan menggunakan umpan berupa udang palsu yang disebut Egi.

Baca Juga : Umpan Cumi Terbaik


Boncos adalah saat dimana seseorang tidak mendapatkan ikan disaat memancing.

Leader adalah tali pancing yang berbahan fluorocarbon ataupun nylon yang disambungkan dengan tali Pe / Braid line yang berfungsi sebagai peredam hentakan ikan yang bisa membuat tali pe yang tidak memiliki elongasi menjadi putus. selain itu Leader yang berbahan fluorocarbon juga memiliki fungsi menahan gesekan karang karena tali berbahan fluorocarbon memiliki ketahanan gesekan 20x lipat lebih baik daripada pe.

Drifting adalah memancing mengunakan kapal atau sampan ditempat yang memiliki arus dengan posisi kapal tidak di jangkarkan agar kapal terus berjalan mengikuti arus air sambil pemancing terus melemparkan umpan casting, tujuan teknik ini adalah untuk menemukan sarang ikan dengan efektif.

Rawai adalah memancing menggunakan banyak mata kali dalam 1 line yang akan disebar disekitar permukaan laut, biasanya nelayan menggunakan lebih dari 100 kail yang sudah di isi umpan irisan ikan.

Ngebom adalah dimana seorang pemancing menebar pakan ikan berupa pelet, atau beras yang berfungsi untuk membuat ikan berkumpul disekitarnya.

Ngocer adalah memancing menggunakan umpan ikan hidup tanpa menggunakan tambahan pemberat timah dan kail hanya ditancapkan sedikit dipunggung ikan, tujuannya agar ikan bebas berenang yang akan menarik perhatian predator.

Kambangan adalah sebutan lain untuk pelampung pancing.

Ngotrek adalah kegiatan memancing mengunakan umpan yang disebut kotrekan yang berbahan dari bulu bulu hewan atau bulu sintetis biasanya dalam 1 rangkaian kotrek ada 10 sampai 100 buah kail yang berisi umpan kotrekan.

Ngoyor adalah kegiatan memancing dengan merendam sebagian tubuh di dalam air.

Strike adalah ketika ikan menyambar umpan dan sudah ter tancap kail milik kita dengan sempurna.

Landed adalah ketika ikan hasil pancingan sudah berhasil di dapatkan dan sudah dinaikan ke darat.

Galatama adalah kegiatan mancing ikan di kolam pemancingan dengan sistem lomba.

Mancing Kiloan adalah kegiatan memancing di kolam pemancingan yang hasil tangkapan kita akan ditimbang untuk kemudian kita bayar sesuai harga ikan yang sudah ditetapkan pemilik kolam pancing.

Mandas / Mancing dasaran adalah kegiatan mancing di tengah laut dengan umpan irisan ikan atau irisan cumi yang ditenggelamkan sampai ke dasar laut, biasanya target mancing jenis ini adalah ikan karang seperti Kakap dan kerapu.

Ngomset adalah ketika seorang pemancing mendapatkan banyak ikan.

Lbs adalah satuan Pound yang digunakan sebagai standar ukuran massa dalam olahraga Mancing 1 lbs/pound = 0,45 kg.


Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua...
untuk istilah lainnya dalam memancing yang mungkin belum saya tulis disini bisa kalian request di kolom komentar nanti akan saya update lagi...

Jangan Lupa Terus Kunjungi Blog Mancing ini untuk mendapatkan iformasi menarik lainnya...

0 Response to "Tentang Mancing dan Istilah dalam Mancing"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, link spam akan langsung dihapus

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2