Kupas Rahasia Mancing Belanak Dijamin Ngomset


Halo sobat Malez Banget Kali ini saya akan mengupas tuntas tentang bagaimana caranya memancing ikan Belanak agar ngomset. Belanak merupakan ikan yang cukup sulit dipancing jika kita tidak memahami tekhnik nya karena belanak dikenal sebagai ikan yang mempunyai jam makan yang unik dan cara makan umpan yang tidak seperti ikan lainnya, jika kita tidak berpengalaman memancing belanak dijamin pasti akan boncos walaupun dihadapan kita ada ratusan ikan belanak yang berseliweran..


Yang pertama kali kalian harus tau adalah dimanakah spot potensial memancing belanak.

Belanak adalah ikan yang hidup berkelompok dan biasanya belanak suka sekali berada di Rawa/Muara dengan arus yang tenang, ada juga belanak yang hidup di laut, untuk belanak laut dan belanak muara memiliki beberapa perbedaan belanak laut memiliki warna ekor kuning, dan bisa tumbuh hingga panjang 1 meter sedangkan belanak Rawa/muara memiliki ekor berwarna abu abu dan maksimal yang pernah saya tangkap hanya berukuran 50cm saja. Belanak laut biasa di Sebut Tamok di semenajung malaysia, dan menurut mereka ikan tamok dan belanak muara berbeda jenis. tapi tetap saja umpan dan makan kedua jenis ikan belanak ini sama.


Kemudian kita akan bahas apa saja umpan ikan belanak dan jam makan ikan belanak.

Ikan belanak secara alami memakan nutrisi di dalam pasir atau lumpur yg ada di dasar muara atau lepas pantai, selain itu belanak juga sangat suka memakan lumut yang ada di batang kayu pohon mangrove dan di bawah bawah kapal.

Dari pakan alaminya kita bisa tau kan apa umpan jitu untuk si ikan belanak ini, yak umpan paling jitu untuk ikan ini adalah lumut, tetapi jika hanya lumut polos saja belanak tidak terlalu bernafsu makan, maka dari itu saya akan bagi racikan umpan lumut untuk belanak yang ampuh..

Pertama, siapkan seperempat kilo tepung terigu, 1 bungkus masako, dan essen nangka / coco pandan.

kemudian taburi lumut dengan masako dan tunggu 10 menit agar lumut menjadi lemas, kemudian peras air lumutnya dan masukan air bersih yang baru kedalam ember, setelah itu campurkan tepung terigu kedalam lumut dan aduk hingga tercampur rata tanpa gumpalan setelah itu tambahkan essen nangka / coco pandan sesuai selera.

untuk rangkaian pancingnya sama dengan rangkaian pancing ikan nila dengan menggunakan umpan lumut.

Selain umpan lumut yang dicampur tepung terigu, belanak juga bisa dipancing menggunakan umpan roti sisir. ini adalah umpan belanak yang paling simple karena anda tinggal mengaitkan potongan kecil roti sisir ke kail, tapi kekurangan dari umpan ini adalah mudah hancur jika terlalu lama didalam air.

Selain 2 umpan di atas masih ada 1 lagi umpan yang sangat killer dan jitu untuk memancing ikan belanak yaitu adonan kue. Selain membuatnya cukup mudah, umpan ini juga bisa disimpan lebih lama jika ingin digunakan lagi, selain itu juga umpan ini tidak mudah hancur di dalam air seperti umpan roti.

Cara membuat umpan adonan kue ini cukup mudah. pertama siapkan tepung terigu, roti sisir, blueband dan essen cocopandan. setelah itu tinggal dicampur semua bahan tersebut sampai pulen seperti adonan kue. jika ingin disimpan lebih lama anda bisa membukus umpan dalam plastik es dan dikukus selama 10 menit.


Jika menggunakan umpan adonan rangkaian pancing yang digunakan adalah dengan rangkaian pancing ombyok seperti digambar, biasanya terdiri dari 3 sampai 5 kail dalam 1 rangkaian, tergantung selera.

Walaupun umpan sudah jitu dan ikan belanak sudah terlihat berseliweran belum menjamin anda terhindar dari keboncosan dalam mancing belank loh karena mancing belanak itu kata para master 80% teknik 20% hoki hehehehe.

Ada 1 lagi faktor paling penting dalam memancing ikan belanak yaitu waktu makan ikan belanak, ikan belanak walaupun di umpani umpan paling killer klo memang belum jam makannya dia akan cuek cuek saja, jadi penting untuk pemancing belanak mengetahui kapan jam makan ikan belanak ini.

Untuk Belanak muara, jam makan nya adalah pada sore hari sekitar jam 2 sampai dengan jam 6 sore. Sedangkan pada Belanak Laut jam makannya pada sianh sampai sore hari mulai jam 12 sianh sampai jam 6 sore terkadang belanak laut juga mau memakan umpan pada malam hari tapi hal itu sangat jarang terjadi.

Nah sepertinya sudah semua hal saya kupas tuntas yak dalam hal memancing belanak ini, jika mungkin ada hal lain yang ingin ditanyakan anda bisa tanyakan dikolom komentar... semoga postingan ini bermanfaat dan sampai berjumpa dipostingan berikutnya

Pencarian Terkait : Cara memancing belanak, tips mancing belanak, jam makan ikan belanak, musim ikan belanak, tip mancing belanak, bagaimana cara mancing belanak, umpan mancing belanak, rangkaian mancing belanak

0 Response to "Kupas Rahasia Mancing Belanak Dijamin Ngomset"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, link spam akan langsung dihapus

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2