Destinasi Wisata Saat Liburan di Payakumbuh dan Sekitarnya Paling Populer

Tempat Wisata di Payakumbuh – Kota Payakumbuh atau kalau orang minang menyebutnya Payokumbuah merupakan satu dari sekian banyak kota/kabupaten di Sumatera Barat yang kaya akan potensi alam yang indah dan menarik untuk kita jelajahi.

Kota Payakumbuh sendiri memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi. Geliat ekonomi masyarakat Payakumbuh ditopang dari peternakan, pertanian, perikanan, perdagangan, pariwisata dan lain sebagainya. Tidak heran memang, karena berabgai produk dari kota ini sudah menyebar ke berbagai tempat di Sumbar, Jambi, Riau dan sekitarnya.

Ada banyak tempat wisata di Payakumbuh yang sudah sangat terkenal. Sebut saja lembah harau, padang mangateh, kelok sembilan yang fenomenal dan masih banyak lagi sederet naman-naman objek wisata yang memiliki keindahan alam yang mempesona.

Saya sendiri baru sekali liburan ke Payakumbuh, dan memang, kota Payakumbuh memiliki keindahan alam yang wow. Sebagai anak lulusan teknik pertambangan saya merasa takjub ketika pertama kali mengunjungi lembah harau. Bagaimana fenomena pergerakan sturktur lempeng sangat menakjubkan, yang menambah kekaguman pada kuasa Tuhan.

Selain memiliki banyak tempat wisata, Payakumbuh juga memiliki banyak panganan khas yang bisa kita jajal atau kita jadikan oleh-oleh untuk kita bawa pulang. Jadi ke payakumbuh itu juga harus makan-makan. Rugi rasanya kalau kita harus melewatkan galamai yang enak, atau rendang telurnya, dan masih banyak lagi jajanan khas lainnya yang jarang ada di tempat lain.

Kira-kira, apa saja ya tempat wisata di Payakumbuh yang layak untuk dikunjungi? Anda masih bingung mau mengunjungi tempat-tempat kece dan yang lagi hits di Payakumbuh?

Jangan lewatkan juga: 10 Tempat Wisata di Nias Selatan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Payakumbuh

Berikut ini Tempat Wisata Seru rangkum untuk anda tempat wisata di Payakumbuh dan sekitarnya yang layak untuk anda kunjungi saat sedang liburan. Meskipun memang tidak semuanya berada di Payakumbuh, bahkan ada di Kabupaten 50 kota, namun karena sudah menjadi kebiasaan umum dan lebih dikenal sebagai objek wisata di Payakumbuh.

1. Jembatan Kelok Sembilan

Tempat wisata di Payakumbuh yang pertama adalah jembatan kelok 9. Jembatan ini menjadi salah satu ikon wisata di Sumatera Barat yang sangat terkenal.Jembatan kelok 9 sendiri menjadi penghubung Sumbar dan Riau. Jembatan dengan panjang sekitar 300 meter ini terletak di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Letaknya sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.


Jembatan yang dibentuk sedemikian cantiknya ini langsung berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Tidak heran kalau anak-anak muda bahkan orang dewasa mengengaja untuk datang ke jembatan ini dan mengabadikan momen mereka ke akun media sosial instagram atau facebook.

Buat anda yang ke Payakumbuh, kurang afdol rasanya kalau tidak punya satu saja foto di atas jembatan ini. Saat malam hari lebih mantap lagi, dengan dihiasi lampu jalan nan cantik membuat jembatan ini lebih eksotis lagi tentunya.

2. Lembah Harau Limapuluh Kota

Tempat wisata di Payakumbuh selanjutnya adalah lembah harau yang terletak di Kecamatan Harau Limapuluh Kota. Lokasi lembah harau ini sangat dekat dengan kota Payakumbuh dan menjadi salah satu fenomena alam yang menakjubkan.

DIsini anda akan melihat lembah yang diapit oleh dua “bukit” yang terjal dan indah dengan ketinggian tebing mencapai hingga 150 meter


Lembah harau terletak di ketinggian dari permukaan laut adalah 500 sampai 850 meter, Berjalan menuju Lembah Harau sangat menyenangkan. Dengan udara yang masih segar, bersih dan Anda bisa melihat keindahan alam sekitarnya yang memiliki pemandangan yang ciamik dan menakjubkan.

Tempat ini biasanya dipadai oleh pengunjung saat musim liburan. Kami ketika datang kesini harus mengantri berjam-jam untuk bisa sampai ke air terjun di dalamnya. Untuk menghindari kemacetan coba datang lebih pagi lagi.

3. Rumah Gadang di Sungai Beringin

Masyarakat Sumbar terkenal sangat menjaga adat istiadat dan kebudayaan mereka. Rumah gadang merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang masih terjaga hingga kini.

Anda bisa mengunjungi rumah gadang yang ada di Payakumbuh yaitu Rumah Gadang Sungai Beringin. Rumah gadang ini diresmikan keberadaannya oleh Menteri Pariwisata yang saat itu di pimpin oleh bapak Joop Ave pada tanggal 9 Januari 1994.


Bangunan bersejarah ini terletak di  nagari sungai beringin kecamatan Payakumbuh, yang tidak jauh dari pusat kota Payukumbuh.

Bangunan ini secara khusus dipersembahkan untuk Bundo Kanduang dan Anak Cucu masayarakat Minangkabau, yang hingga kini rumah gadang ini diperuntukkan sebagai objek wisata untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya minangkabau kepada masayarakat luar. Rumah gadang sungai beringin saat ini di kelola oleh PT.Pusako Rumah Gadang yang sangat terawat sangat baik.

4. Bukik Bulek Taram

Selanjutnya, wisatawan juga bisa mengunjungi Bukit Bulek Taram yang lokasinya ada di Kenagarian Taram Kabupaten Lima Puluah Kota, Sumatera barat. Bukik Bulek ini merupakan sebuah batu yang berbentuk bundar, puncaknya menonjol dan sangat terjal. Di kaki bukit ini terdapat hamparan tanah dengan rerumputan yang datar.

Meskipun belum terkelola dengan rapi, bukit ini sudah menjadi daya tarik tersendiri karena keindahan alamnya yang luar biasa. Bukit Bulek Taram dikelilingi oleh rawa-rawa yang banyak ikannya dan pada hari libur sering dijadikan tempat memancing. Bukik Bulek berjarak 11,5 km dari kota Payakumbuh.

5. Kapalo Banda Taram

Tempat wisata di Payakumbuh berikutnya adalah kapalo Banda Taram yang terelatak di Taram, Harau, Taram, Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pada mulanya,  Kapalo Banda Taram adalah sebuah saluran irigasi untuk mengairi sawah warga, namun seiring berjalnnya waktu dan masyarakat juga melihat tempat ini layak untuk dikembangkan, dan akhirnya dijadikanlah sebagai objek wisata.


Anda pasti akan betah berlama-lama disini, karena pemandangan disini sangat hijau serta sejuk ini dipadu dengan bentangan sawah yang luas serta lokasinya yang tak jauh dari hutan, menjadikan suasana di sekitar Kapalo Banda Taram terasa sangat nyaman dan menyegarkan serta membuat pengunjung betah untuk bersantai berlama-lama disini.

Wisatawan yang datang kesini biasanya akan menyempatkan diri untuk menaiki rakit dari bambu yang pasti seru dan tidak akan terlupakan.

Untuk bisa mencobanya, wisatawan hanya membayar sekitar IDR 10K per 1 jam jika anda mau mengayuh rakit sendiri. Pastikan saat anda liburan kesini membawa baju ganti, karena kurang seru rasanya kalau tidak basah-basahan.

6. Air Terjun Lubuak Bulan

Tempat wisata di Payakumbuh dan sekitar berikutnya adalah air terjun lubuak bulan yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Air terjun ini sangat terkenal dengan keindahannya dan dapat “membius” mata siapa saja yang datang kesini. Wisatawan tidak hanya melihat-lihat saja, anda bisa berenang dan mandi sepuasnya di kolam renang alami di bawahnya.

Lokasi air terjun ini ada di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, kec. Mungka, Kab. Lima Puluh Kota.

Dari pusat Kota Payakumbuh, kita harus menempuh perjalanan sekitar 4 hingga 5 jam. Perjalanan menuju ke air terjun ini hanya bisa dilakukan menggunakan sepeda motor.

Lokasinya yang lumayan jauh dari pusat kota membuat tempat ini semakin layak untuk dikunjungi. Dari namanya, lubuak bulan, menggambarkan bentuk air terjun ini yang menyerupai bulan sabit dan dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi.

Untuk bisa sampai ke air terjun ini, anda harus melakukan trekking sekitar 3 jam melewati hutan, jadi memang hanya mereka yang memiliki jiwa petualang saja yang akan sampai ke tempat ini. Wisatawan harus memarkirkan kendaraannya di Jorong Koto Tinggi.

Rasa lelah selama perjalanan dilanjutkan dengan trekking akan sirna seketika begitu sampai dan menyentuh air nan sejuk disini. Semuanya akan terbayar, dan rasa lelah akan hilang tak berbekas.

Air terjun nan masih alami ini sangat terjaga kelestariannya, begitu indah, tenang dan sunyi. Tunggu apalagi, yuk siapkan fisik untuk trekking kesini.

7. Objek Wisata Ngalau Indah

Objek wisata alam di Payakumbuh berikutnya adalah ngalau indah yang hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Payakumbuh.

Ngalau indah sendiri merupakan sebuah goa yang memiliki beberapa mulut goa sebagai akses masuk dan keluar. Di dalamnya anda dapat menyaksikan stalagtit dan stalagmit yang menakjubkan serta masih terjaga dengan baik.

Di dalam goa ini terdapat spot-spot kece dan unik yang bisa anda jadikan tempat berfoto, salah satunya adalah batu gong. Batu gong merupakan sebuah batu berlubang dengan bentuk seperti kerucut berongga atau menyerupai lonceng.


Lokasi objek wisata ngalau indah ini ada di kelurahan Pakan Sinayan kecamatan Payakumbuh Barat kota Payakumbuh. Gua ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Payakumbuh.

Goa yang unik ini terletak di bawah lereng bukit Simarajo ini merupakan tempat hidup kelelawar monyet hutan.

Kalau anda berkunjung kesini jangan lupa untuk membawa alat penerangan tambahan, karena sebagaimana goa lainnya, gelap dan sunyi, dan agak menakutkan.

Untuk menunjang sarana rekreasi, pemerintah sudah mengupayak fasiltias objek wisata mulai dari lampu penerangan, jalan penghubung dan anak tangga, area parkir yang luas, taman-taman bermain yang bersih dan luas, warung makan dan jajanan.

Bagi wisatawan yang berminat liburan kesini, anda hanya membayar tiket masuk Ngalau Indah sebesar Rp. 5000 – Rp. 10.000,- /orang. Keindahan Ngalau ini menjadi salah satu lukisan alam yang patut kita syukuri dan kita kunjungi tentunya.

Ketika anda dengan menaiki tangga menuju gua ini pemandangannya sungguh menakjubkan. Anda akan disuguhkan pemandangan sawah nan luas dan pemandangan kota Payakumbuh dari ketinggian.

8. Panorama Ampangan

Kini anak-anak muda sepertinya sedang keranjingan untuk berfoto di bukti-bukit yang kece seperti yang ada di Kalibiru Jogja yang sedang naik daun.

Nah, bagi warga Payakumbuh dan sekitarnya, juga terdapat objek wisata serupa yaitu panorama ampangan yang lokasinya di perbukitan yang menghadirkan pemandangan yang sangat indah dan view menawan dari ataus ketinggian.


Bagi anda yang penasaran ingin mengunjungi lokasi objek wisata ini, silahkan datang saja ke perbukitan Kenagaraian Aur Kuning, Kelurahan Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Letaknya ada di kaki gunung Sago. Sekitar 6 Km dari pusat kota Payakumbuh. Anda dapat menuju kesini dengan berbagai alternatif kendaraan, baik itu kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum.

Panoraman ampangan belakangan mendadak populer karena kebiasaan anak muda yang suka selfie di tempat-tempat kece kemduain menguploadnya ke akun medsos miliki mereka dan banyak yang like kemudian share dan menjadi viral.

Untuk menikmati pemandangan keren di panorama ampangan ini, wisatawan hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2.000,- saja dan juga membayar parkir sebesar Rp 2.000,-.

9. Padang Mengatas

Padanga mengatas atau kalau orang minang menyebutnya padang mangateh merupakan Padang rumput hijau yang luas dan indah ini terletak di pinggang Gunung Sago dan membentang luas dari Padang Mengatas hingga ke Tapak Gajah kurang lebih 1,5 Km. Akses menuju ke sana cukup bagus.

Lokasi tepatnya ada di Jl. Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Indonesia. Padang rumput ini mirip dengan yang ada di Selandi Baru, bahkan digadang-gadang Padang Mangateh merupakan Nez Zaeland nya Indonesia.

Padang mangateh ini juga menjadi sentra penternakan sapi. Setidaknya luas padang rumput ini tidak kurang dari 289 hektare.

Selain sebagai tempat peternakan sapi, karena tempatnya yang sangat kece membuat wisatawan yang datang ke Payakumbuh pasti menyempatkan diri datang kesini dan berfoto-foto.

Bahkan, padang mangateh merupakan tempat instagrameble di Payakumbuh yang tidak boleh anda lewatkan. Disini anda akan pemandangan rumput nan amat luas dan ribuan sapi, view indah Gunung Sago serta bebukitan yang mengelilingi tempat ini. Amazing, itulah kesan pertama ketika kaki berpijak di tempat ini. Rasanya ingin berlama-lama dan tak ingin beranjak pulang.

10. Paralayang di Taeh Bukik

Anda suka dengan olahraga yang memacu adrenalin? Silahkan anda coba olahraga paralayang yang ada di Taeh Bukik Gunung Bungsu yang terletak di Kanagarian Taeh, Kecamataran Payakumbuh, Limapuluh Kota.

Venue ini sendiri pada 9 – 14 Juni 2015 dijadikan tempat untuk para atlet olahraga nasional menampilkan kebolehan di ajang bergengsi ini. Tempat ini menjadi favorit untuk menyaksikan paralayang sedang berlatih.


Gunung bungsu ini ternyata disakralkan oleh penduduk setempat. Namun karena alam sekitarnya yang menawan membuat Pemkab Limapuluh Kota membuka tempat itu secara resmi untuk pecinta Paragliding dan Gantole. Selain peserta, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam, dengan diajak terbang tandem menggunakan parasut yang lebih besar.

Bagaimana? Kira-kira mana saja tempat wisata di Payakumbuh dan Sekitarnya di atas yang akan anda kunjungi? Atau kalau anda memiliki waktu liburan yang cukup anda bisa mengunjungi seluruhnya. Wah, pasti menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Itulah beberapa tempat wisata di Payakumbuh dan Sekitarnya Sumbar yang kami rekomendasikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga

0 Response to "Destinasi Wisata Saat Liburan di Payakumbuh dan Sekitarnya Paling Populer "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, link spam akan langsung dihapus

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan