Lokasi Liburan di Sumatera Barat yang Wajib Anda Kunjungi

 Tempat wisata di Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi yang memiliki banyak sekali potensi alam yang bisa digali dan diberdayakan. Potensi alam ini beriringan dengan bencana yang bisa datang kapan saja. Potensi alam berupa hasil tambang baik itu batubara, emas tembaga, nikel, batu gamping dan sebagainya.

Hal ini dikarenakan Provinsi Sumatera Barat memiliki banyak pegunungan dan lempengan yang siap menggoyang bumi minang ini kapan saja. Dibalik itu semua, pergerakan dari bumi ini ternyata membawa berkah tersendiri bagi Provinsi yang kini sedang berusaha bangkit pasca gempa besar 2009 silam ini. Ada banyak sekali tempat wisata di Sumatera Barat yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Beberapa tempat wisata di Sumatera Barat sudah terekspos dan banyak juga diantaranya yang masih perawan karena belum dijamah oleh banyak orang. Sebelumnya mlzbgt.com sudah berbagai 15 Tempat Wisata di Padang yang Wajib Dikunjungi untuk anda. Kali ini kita akan berkeliling ke seluruh Sumatera Barat untuk menikmati keindahan alam si ‘penghasil rendang’ ini.

Tempat Wisata di Sumatera Barat

Berikut ini kami bagikan 45 tempat wisata di Sumatera Barat yang bisa anda kunjungi:

1. Janjang Seribu Great Wall of Koto Gadang

Tempat wisata di Sumatera Barat yang pertama terletak di Kota Bukit tinggi. Selain jam gadang yang nanti akan saya jelaskan, Kota Bukit tinggi ternyata memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak boleh kita lewatkan.


Janjang Seribu ini merupakan tembok besar Chinanya Sumbar. Biasnaya mereka yang jalan-jalan ke Sumatera Barat mampir ke objek wisata Great Wall ini.

Pastikan stamina anda baik ya, karena lumayan menguras tenaga, jangan lupa juga bawa minuman kalau misalnya kita kehausan. Janjang Seribu memiliki panjang sekitar 1 KM.

Lokasi tempat wisata ini berdekatan dengan lobang Jepang, jadi sangat lengkap sekali objek wisata di Bukit Tinggi. Rugi rasanya kalau ke Sumatera Barat tapi tidak mampir ke Bukit Tinggi.

Pemandangan disini juga sangat menakjubkan, apalagi kalau anda mengerti masalah geologi. Fenomena alam berupa pengangkatan lempeng disini sangat luar biasa, patahan-patahan yang menjulang membentuk bukit ini merupakan fenomena goelogi yang sangat mengagumkan.

2. Lobang Jepang

Objek wisata di Sumatera Barat yang selanjutnya adalah goa Jepang. Lokasi Goa atau Lubang Jepang ini bersebelahan dengan janjang seribu.


Lobang Jepang ini merupakan bangunan peninggalan masa penjajahan Jepang di Bukit Tinggi. Ini merupakan penajara sekaligus markas pertahanan penjajah Jepang yang didirikan pada tahun 1942-1945. Pada saat Jepang menjajah bangsa Indonesia, pembangunan Lubang Jepang yang dilakukan dengan cara Romusa atau kerja paksa.
Bagi anda yang pertama kali kesini, pastikan anda menghafal lorong-lorong yang anda masuki. Tenang, kalau anda takut kesasar anda bisa menyewa jasa guide di area masuk terowongan.
Lubang Jepang memiliki luas sekitar 2 hektar didalamnya Anda akan dituntun dengan menuruni tangga yang telah dibangun. Lorong – lorong yang ada didalamnya memberikan tempat – tempat sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

3. Jam Gadang di Bukit Tinggi

Selanjutnya, anda bisa pergi ke Jam Gadang untuk menikmati liburan selanjutnya di Kota Bukit Tinggi. Jam Gadang merupakan salah satu ikon wisata di Sumatera Barat yang wajib anda kunjungi.



Jam yang memiliki nilai sejarah tinggi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dahulu.
Jam Gadang sendiri memiliki luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat. Bagian teratas dari jam gadang adalah tempat penyimpanan bandul jam yang pada tahun 2007 silam sempat patah karena gempa besar yang melanda kawasan Sumatera Barat termasuk Bukittinggi.
Uniknya, dari jam ini adalah angkanya. Bila angka empat romawi biasa ditulis dengan simbol IV, maka pada jam gadang angka IV ditulis dengan IIII, dan ini bukan merupakan hal yang lazim.

Bagi yang belum mengenal jam sejarah Jam Gadang berikut akan saya sampai sedikit.

Disekitar jam Gadang, anda bisa menemukan Pasar Bukit Tinggi yang sangat terkenal dengan harga barangnya yang murah meriah, apalagi kalau anda pintar menawar dan membelinya dalam jumlah banyak.

Kalau lapar anda juga bisa mencoba masakan Padang yang sangat terkenal itu.

4. Pantai Padang ‘Nan Rancak Bana’

Beralih ke Kota Padang, Kini pemerintah Kota Padang sedang menggencarkan pemugaran pantai Padang. Pantai Padang menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi.


Untuk mencapai Pantai Padang pun cukup mudah, anda tinggal pergi ke pusat Kota, dari arah Bukit Tinggi tadi. Jika sudah sampai di pusat Kota, anda tinggal berbelok ke kanan, maka sepanjang jalan anda akan melihat hamparan samudera membentang luas.

Orang Padang menyebut Pantai Padang dengan sebutan TAPLAU ( TAPI LAUIK ). Pemandangan disini sangat indah sekali. Ombaknya juga cukup menantang jika anda hobi berselancar.

Aneka cemilan bisa anda nikmati disini, jagung bakar, masakan laut, udang kepiting, aneka minuman dan lain sebagainya.

5. Pantai Gandoriah Pariaman

Pantai Gondoriah merupakan salah satu pantai yang terkenal dengan tradisi tabuiknya yang dilakukan setiap bulan muharram.

Pantai Gondoriah terletak di Pariaman. Anda bisa menuju pantai ini dengan menggunakan kereta api dari Kota Padang, dengan harga tiket di 3500 saja.

Di Pantai ini sangat indah, apalagi di sekitar pantai ini banyak pedagang makanan berjualan dengan harga yang tidak terlalu mahal.
Daya tarik lain dari Pantai Gandoriah ini adalah Anda bisa leluasa menikmati garis pantainya, baik dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, ataupun berjalan kaki. Hal itu didukung lengkapnya sarana dan prasarana di sekitar Pantai Gandoriah, termasuk fasilitas jalan yang menghubungkan antara Pantai Gandoriah dengan sejumlah objek wisata pantai yang ada di sekitarnya, seperti Pantai Cermin, Pantai Kata dan lainnya. Tidak kalah indahnya saat Matahari tenggelam dan temaram senja menjemput malam, seakan menyulap pemandangan di sekitar Pantai Gandoriah semakin menawan

6. Pesona Kepulauan Mentawai

Destinasi wisata di Sumatera Barat yang sudah Go Internasional adalah kepulauan mentawai. Ada banay resort disini. Kabupaten Mentawai memiliki pesona yang sangat luar biasa.


Pantainya menjadi salah satu surga bagi para pecinta selancar. Kepulauan Mentawai meliputi 4 pulau besar yakni Pulau SiporaPulau Siberut, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai SelatanSiberut adalah pulau terbesar, serta satu-satunya Pulau yang memiliki layanan pelayaran reguler yang menghubungkan Siberut dengan Pulau Sumatera terutama Padang. Sebagai sebuah pulau terbesar pusat kota dan administrasi mentawai juga terdapat di Pulau ini tepatnya di kota Tuapejat yang letaknya berada di Sebelah Utara.

Tercatat tidak kurang dari 400 titik surfing berada di kepulauan Mentawai, dari mulai ombak yang sedang sampai ombak yang paling menantang yang di cari peselancar dunia. Desa bosua adalah salah satu diantara tujuan selancar yang terkenal di dunia ombak di desa Bosua mencapai 3 meter sehingga cocok untuk siapapaun yang suka menantang adrenalin, tetapi hati-hati dengan pantainya yang agak berkurang. Desa Bosua bisa di tempuh dengan menggunakan speedboat dari ibukota kabupaten yakni Tuapejat dan memakan waktu sekitar 4 jam.

Pulau Nyang Nyang di Desa Katurei juga memiliki ombak tinggi yakni mencapai 4 meter, dan di sebut sebagai salah satu ombak tertinggi di dunia. Tempat lain yang memiliki ombak yang tinggi adalah Pulau Karamajat yang masih terdapat dalam Desa Katurei ombak di tempat ini bisa mencapai 2-4 meter.

Apabila menginginkan sebuah pantai yang memiliki ombak yang aman dan tenang untuk keluarga maka Pulau Siruso dan Pantai Bulasat adalah pantai yang cocok karena memiliki ombak yang rendah, pasirnya yang putih serta air lautnya yang jernih.

Mentawai juga menawarkan objek wisata trekking ke hutan pedalaman tropis yang masih asri hijau alami dengan berbagai satwanya yang hidup di dalamnya. Sementara masyarakat setempat yang di kenal dengan masyarakat Mentawai masih tradisional dan memegang teguh tradisi mereka. Desa-desa budaya yang di kenal masih mempertahankan adat dan budayanya yang asli antara lain Desa Madobak, Desa Ugai, dan Desa Matotonan.

Untuk menuju Kepulauan mentawai maka bisa diakses dengan menggunakan kapal motor yang melayani penyeberangan dari Padang ke Mentawai. Atau jika memiliki budget lebih maka bisa menyewa pesawat kecil yakni Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau Sipora dari Bandara Internasional Minangkabau.

7. Menikmati Keindahan Alam Sumatera Barat dari Puncak Langkisau

Beranjak ke Pesisir Selatan, ada satu objek wisata di Painan yang terkenal dengan pantainya yang mempesona. Nah, anda bisa menikmati keindahan alam Pesisir Selatan dari atas ketinggian bukit Langkisau.


Bukit Langkisau menjadi salah satu objek wisata di Sumatera Barat yang tidak boleh anda lewatkan. Disini anda bisa menikmati fasilitas seperti paralayang dan flying fox.
Kalau sore hari, anda bisa menikmati keindahan laut yang menguning karena matahari tenggelam.

8. Pantai Carocok Painan

Berada di sebelah puncak langkisau, pantai carocok menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat yang tidak boleh anda lewatkan. Pantai Carocok memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Disini, anda bisa menikmati aneka permaianan yang menantang seperti jetski, bananan boat, ekstrim game, flying fox dan lain sebagainya.

Pantai Carocok Painan merupakan objek Wisata Pantai Kabupaten Pesisir Selatan yang terletak di kecamatan IV Jurai.

Untuk mencapai Pantai Carocok dari Kota Padang, anda harus menempuh perjanalan kira-kira 2 jam berkendara. Kawasan ini berhadapan dengan 2 buah pulau yaitu Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak, dari kejauhan juga tampak Pulau Semangki dengan pemandangan yang sangat indah dengan pasir pantainya yang putih, airnya yang bersih.

9. Puncak Lawang Maninjau

Tempat wisata di Sumatera Barat yang selanjutnya ada di Puncak Lawang. Puncak Lawang merupakan salah satu objek wisata yang terkenal yang ada di Maninjau.


Sekitar 20 menit perjalanan dari Kota Bukittinggi menuju Matur sebelum Danau Maninjau. Dari sini, anda akan melihat pemandangan danau dikelilingi perbukitan yang sangat indah dan mempesona.
Disini anda bisa mencoba olahraga paralayang yang sangat menantang itu menuruni bukit dan berkeliling di atas danau maninjau.
Di area ini juga tersedia fasilitas untuk outbond. Tunggu apalagi, rugi rasanya kalau tidak mampir ke puncak lawang.

10. Danau Maninjau

Nah, dari puncak lawang tadi kita bisa melihat keindahan danau maninjau yang begitu mempesona. Disini anda bisa menikmati keindahan danau yang sangat jernih sembari menikmati kuliner yang lezat.
Ada cemilan khas maninjau yang bisa anda cobain, yaitu rinuak. Silahkan coba sendiri, makannya butuh kesabaran :).


Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.

Kalau kita melihat keindahan danau maninjau ini di atas bukit atau di jalan kelok 44, pada saat sore hari cuaca tidak terlalu mendung, kita akan menyaksikan peristiwa yang indah, danau maninjau airnya seperti naik ke langit melewati celah cahaya yang tembus. Di danau maninjau ini kita akan menjumpai beberapa makanan khas daerah maninjau seperti palai rinuak, pensi, dan masih banyak lagi yang dapat kita jumpai di pinggir tepi danau maninjau ini.

11. Lembah Anai Air Terjun Nan Eksotis di Sumatera Barat

Air terjun lembah anai merupakan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang sangat terkenal. Objek wisata ini selalu ramai apalagi saat akhir pekan.



Lokasinya yang ada di tepi jalan lintas Padang-Padang Panjang (Bukit Tinggi) menjadikan objek wisata ini sangat mudah sekali untuk dijangkau.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini memiliki debit yang sangat besar, airnya yang jernih dan dingin membuat hawa di sekitarnya ikut dingin. Anda bisa mandi-mandi disini, tapi pastikan anda mahir berenang, karena bagian tengah airnya sangat dalam.

Untuk masuknya kita hanya mengeluarkan uang untuk tiket seharga Rp. 2000 atau Rp. 3000 saja, Di sekitar lokasi wisata lembah anai ini juga terdapat banyak penjual makan ringan sampai menu untuk makan siang, ya, Rumah makan Padang.

12. Istana Pagaruyung

Sumatera Barat sangat terkenal dengan masyarakatnya yang masih menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya, adat bersandi syarak, syarak bersandi kitabullah


Salah satu peninggalan budaya masyarakat minangkabau adalah Istana Pagaruyung, atau Istano Basa. Yang letaknya di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.

Istana ini memiliki nilai sejarah yang sangat kental sekali, dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.

Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Sekarang rumah gadang yang ada disana merupakan replika dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar dan atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.

13. Danau Singkarak

Danau singkarak membentang luas, dan menjadi danau ter-luas ke dua setelah danau toba. Luas danau ini sekitar 107,8 km². Danau ini memiliki sejuta potensi yang bisa dikembangkan. Salah satu yang sudah diambil adalah pembangkit listrik.


Ada satu pagelaran internasional yang diadakan satu kali dalam dua tahun, yaitu tour de singkarak. Pesepeda dari berbegai negara akan ikut serta dalam festival internasional ini.

Danau ini sangat dalam sekali, sehingga tidak banyak jenis ikan yang hidup di danau yang ada di 3 wilayah administrasi ini. Para ahli geologi menduga Danau Singkarak yang berada di cekungan panjang Singkarak – Solok ini terjadi akibat amblesnya lapisan kerak bumi di bawah sesar Sumatera.
Cekungan itu lalu terisi air yang bersumber dari hutan Gunung Singgalang, Gunung Marapi, Gunung Sago, Gunung Talang, dan Taman Nasional Kerinci Seblat di Bukit Barisan.

Bagi ahli geologi, Danau Singkarak ini sangat menarik untuk diteliti. Alasannya karena danau ini diapit dua bagian sesar Sumatera yang terus bergerak, sehingga luas danau ini pun terus bergerak dan bertambah luas.
Para ahli menduga, pada awalnya Danau Singkarak ini panjangnya hanya sekitar 3 kilometer. Karena pergeseran sesar-sesar itu, perlahan-lahan panjang Danau Singkarak menjadi 8 kilometer, kemudian 13 kilometer, dan sekarang ini sudah mencapai 23 kilometer.


14. Lembah Harau Green Canyon Ala Sumatera Barat

Siapa bilang Green Canyon cuma ada di US sana, ternyata Sumatera Barat juga punya Green Canyon yang justru lebih indah dan menarik untuk kita kunjungi.


Lembah Harau namanya, lokasinya dekat dengan kota Payakumbuh, dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian lebih kurang 150 meter. Bentuk topografi dari Lembah Harau berbukit dan bergelombang, sangat menyenangkan saat berada di sekitaran Lembah Harau karena masih mempunyai udara yang bersih dan pengunjung dapat melihat keindahan alam.

Sekitar Lembah Harau terdapat tebing granit yang terjal dan tingginya sekitar 80 – 300 meter. Beberapa keindahan alam yang dapat anda nikmati saat berada di Lembah Harau antara lain jurang/celah alam, air terjun, tebing dan beberapa gua, selain itu terdapat juga cagar alam dan suaka margasatwa terdapat beberapa hewan lindung seperti Monyet Ekor Panjang, Siamang, Harimau Sumatera, Beruang, Tapir, Landak, Burung Kuau, dan yang lain.

Pada lokasi wisata Lembah Harau terbagi menjadi dua lokasi yaitu Sarasah Bunta yang terdapat 5 air terjun beserta kolam penampung air terjun dan lokasi wisata yang lain yaitu Akar berayun yang terdapat kolam bagi anda yang mau berenang bersama keluarga, dan juga terdapat lokasi untuk tempat berkemah. Terdapat beberapa alasan yang menjadikan unik dan berbeda dengan lembah yang lain yaitu terdapat lembah echo yang jika kita berteriak maka akan menghasilkan gema yang sempurna. Pada lembah Echo tersebut terdapat satu tempat yang dijadikan acuan jika ada orang yang mau berteriak agar menghasilkan gema yang sempurna.

Setelah berteriak maka akan akan disusul oleh gema sempurna sebanyak 7 kali. Konon kabarnya tempat yang dapat menghasilkan gema sempurna hanya ada satu di dunia yaitu Lembah Echo, dan juga Lembah Harau mempunyai keindahan alam yang cetar membahana sehingga dijadikan sebagai rute baru dalam lomba sepeda Tour de Singkarak. Lembah Harau dapat anda masukkan dalam salah satu list objek wisata dalam agenda liburan anda.

15. Danau Diateh dan Danau Dibawah ( Danau Kembar )

Selain 2 danau di atas, masih ada danau di ateh dan danau di bawa yang lokasinya ada di Solok. Danau kembar ini juga menjadi destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan.

Disebut Kawasan Danau Kembar, karena dua danau, yaitu Danau Diatas dan Danau Dibawah terletak berdampingan yang jaraknya hanya sekitar 300 meter. Kawasan ini lebih dulu dikenal sebagai objek wisata karena terletak di pinggir jalan raya Padang-Muaralabuh-Kerinci.
Setiap saat kita bisa ikut naik kapal ini menuju salah satu desa untuk kemudian kembali dengan tarif pulang-pergi hanya Rp2.000. Kita bisa menyaksikan luasnya Danau Diatas dengan bukit-bukit kecil yang merupakan bagian Bukit Barisan yang mengelilinginya. Terlihat juga keramba ikan milik penduduk.
Pada Minggu atau hari libur biasanya salah satu kapal ini melayani rute wisata, yaitu keliling danau dengan tarif Rp5.000 per orang.
Tak jauh dari dermaga ada tempat yang sering dijadikan arena pemandian oleh pengunjung, terutama anak-anak. Di sekitar itu juga ada lapangan kecil di bawah rindang pohon pinus yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan oleh pengunjung.
Berkeliling dengan kapal tidak bisa kita nikmati di Danau Dibawah. Danau ini dikelilingi sejumlah bukit yang besar dan air danau sangat jauh dari lokasi pemandangan yang dibangun pemerintah. Tak seperti di Danau Diatas, kita tidak bisa menyentuhkan tangan atau kaki ke dalam air. Hanya saja pemandangannya indah. Dari panorama ini kita juga bisa melihat Danau Diatas.
Di panorama Danau Diatas ini ada warung-warung kecil yang berjualan markisa dan terung belanda sebagai buah-buahan khas daerah ini. Juga ada yang menjual aneka bunga gunung di dalam pot kecil hingga besar. Satu pot harganya Rp5.000 hingga Rp15.000.

16. Pantai Aie Manih si Malin Kundang

Siapa yang tidak kenal dengan legenda malin kundang. Legenda ini begitu dikenal masyarakat karena anak durhaka yang dikutuk menjadi batu. Nah, konon legenda tersebut terjadi di Padang Selatan, di Pantai Air manis atau pantai aia manih.

Pantai Aie Manih terkenal luas dan landai, ketika pasang surut, wisatawan dapat mencapai Pulau Pisang Ketek (kecil) yang letaknya kurang lebih 200 m di depannya dengan berjalan kaki saat pasang surut.

Di pantai ini bagi yang hobi surfing dapat melakukan surfing karena ombaknya cukup besar, pasir yang halus membuat kita dapat berjalan santai di tepian pantai.Banyaknya sampah pada tepian pantai ini, sehingga membuat keindahan pantai ini berkurang, tapi saya berharap semoga warga sekitar dan di bantu pemda untuk dapat mengembalikan keindahannya.

17. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak belakangan booming karena keindahan pantainya yang sangat mempesona. Lokasi pantai ini ada di Pesisir Selarang. Pulau ini sering disebut The Paradise of The South  yang ada di kawasan Mandeh dengan luas 705 Ha dan dikenal dengan nama Pincuran Talu.


Pulau ini terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berlokasi di sebelah barat kampung Mandeh. Pulau Cubadak memiliki panorama alam yang sangat indah dengan pasirnya yang putih bersih. Keistimewaan Pulau Cubadak adalah di sekitarnya terdapat beberapa teluk, batu dan tanjung.

Di pulau ini terdapat tempat penginapan yang terbuat dari bahan alami; kayu, rotan, dan atapnya dari Daun Rumbia yang telah dikelola secara professional sebagai tempat wisata bertaraf internasional oleh investor Italia. Perahu layar juga telah dipersiapkan bagi para pesiar didukung oleh penginapan pantai yang bergaya bungalow.

Sarana / fasilitas lain yang tersedia di Pulau Cubadak antara lain fasilitas penginapan berupa cottage sebanyak 12 unit, 1 unit restoran dan juga dilengkapi dengan sarana air bersih, fasilitas telekomunikasi, radio dan taman.

Pulau Cubadak dikelilingi oleh beberapa pulau yang indah, sepanjang mata memandang laut biru yang indah dan pulau-pulau menghijau yang sungguh sedap di pandang mata. Lautnya hijau kebiruan berombak tenang. Suasananya yang sangat tenang memang pantas kalau pulau ini dikenal sebagai Pulau Tersenyap di Dunia
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Cubadak seperti snorkeling, main canoe, berlayar atau hiking. Ini semua bisa dilakukan sepuasnya dan sudah termasuk dalam biaya menginap. Mendaki sekitar 45 menit, Anda bisa berpuas diri melihat pemandangan pulau ini dari atas bukit secara utuh. Paduan pemandangan hutan lebat yang bertemu dengan laut membuat nafas terengah-engah dan keringat yang bercucuran saat naik menjadi terlupakan ketika kita berhadapan dengan pemandangan alam yang Indah sekali.
Untuk yang hobby diving juga tersedia paket pengenalan diving selama sekitar 2 jam dimana Anda akan diajarkan cara diving dengan singkat dan menyelam sampai kedalaman 5 meter. Juga tersedia kapal canoe untuk tamu yang ingin berkeliling menikmati hamparan laut biru Pulau Cubadak yang tenang.

Kalau sudah sampai ke pulau ini, jangan lupa untuk pulang ya.

18. Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan wisata mandeh juga menjadi tempat wisata di Sumatera Barat yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Lokasinya masih berada di Kecamatan Koto XI Tarusan yang berbatasan langsung dengan Kota Padang.
Kalau anda dari Kota Padang, lokasinya hanya berjarak sekitar 56 KM saja. Luas kawasan wisata mandeh ini sekitar ± 18.000 Ha dan waktu tempuh untuk mencapai kawasan wisata mandeh dari Kota Padang memakan waktu sekitar 56 menit.


Objek wisata kawasan Mandeh (Mandeh Resort) sudah dikenal baik di tingkat nasional dan internasional dengan adanya investasi asing (Itali), mengembangkan resort wisata yang dikenal dengan Cubadak Paradiso. Bahkan kawasan Mandeh telah menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukkan ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken. Kawasan Wisata Mandeh sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan investasi.
Di sisi utara kawasan Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar yaitu; Pulau Bintangor, Pulau Marak, Pulau Ular, dan Pulau Pagang yang berdampingan dengan Sikuai Island. 

19. Pulau Sikuai

Pulau ini juga menjadi tujuan wisata di Sumatera Barat yang menjadi favorit wisatawan yang datang. Lokasinya sih ada di kepulauan mentawai. Lokasi pulau ini memiliki luas sekitar 40 Ha saja.
Pantai di pulau Sikuai memiliki ombak yang relatif kecil sehingga bagi anda yang ingin mandi-mandi atau snorkeling sangat nyaman.

Aktivitas snorkeling di pantai ini sangat menarik karena keindahan bawah lautnya snagat mempesona, berupa terumbu karang dan ikan-ikan hias yang bermacam-macam jenisnya bisa Anda temui saat Anda menjelajahi bawah laut Pantai Sikuai.

Kalau anda mau menyaksikan momen yang sangat romantis, tunggu saat matahari terbenam, keindahan pemandangan sunset akan terlihat indah bila dilihat dari puncak pulau. Untuk mencapai puncak pulau, Anda harus melewati anak tangga selama 30-45 menit. Pemandangan sunset dipulau ini bisa Anda abadikan dengan menjepretnya dengan kamera.

Akses menuju pulau ini, dari Kota Padang tepatnya di Teluk Bungus, Anda akan diantar menggunakan speed boat. Teluk Bungus terletak 23 km ke arah selatan Kota Padang. Selain dari Teluk Bungus, pngunjung bisa berangkat dari dermaga Wisata Bahari Jalan Batang Harau. Kontak pengelola Pulau Sikuai terdapat di dermaga ini. Di sini Anda bisa memilih beberapa paket liburan.

20. Tirta Alami

Tirta alami menjadi salah satu tujuan wisata untuk mandi-mandi. Pemandian alam ini sudah sangat terkenal, karena tempatnya yang sangat indah, airnya yang jernih dan bersih.


Objek wisata Tirta Alami ini berada di Kandang Ampek, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman. Kawasan ini juga lebih dikenal dengan Anai Resort. Lokasinya terletak di jalur lalu lintas Padang-Bukittinggi.

Kolam pemandian di Tirta Alami ini sesuai dengan namanya, ‘Alami’. Kolam-kolamnya juga terbuat dari batu alam, sementara itu airnya berasal dari mata air di Gunung Tandikek. Seger, dingin, dan yang jelas airnya bersih karena selalu mengalir.

Belakangan pengelola Anai Resort juga menambahkan sejumlah fasilitas disini seperti Flying Fox, ATV Road dan beberapa arena lainnya. Untuk biaya mandi di kolam cuma dikenakan biaya Rp 10.000/orang. Murah kan?

21. Air Terjun Nyarai

Selain tirta alami, anda juga bisa mencoba pemandian  tirta nyarai yanga ada di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.


Air Terjun yang dulunya tersembunyi di Hutan Gamaran ini kini menjadi salah satu primadona wisata di Sumatera Barat. Bahkan nama Gamaran sudah tersohor hingga ke skala nasional.

Dikelola oleh Pemuda Setempat, wisata Air Terjun Nyarai tidak hanya menghadirkan keindahan Air Terjunnya saja. Lokasinya yang berada di pedalaman hutan, membuat kita harus mencapainya dengan berjalan kaki menerobos hutan Gamaran.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan oleh berbagai pemandangan alam yang masih asri dan sangat sayang untuk dilewatkan. Selain itu ada beberapa lubuak (kolam alami) yang akan dilewati seperti Lubuak Lalang, Lubuak Ngungun dan Lubuak Batu Taduang.

22. Pemandian Alam Sako Tapan

Selain dua pemandian di atas, ada juga pemandian alam sako tapan yang menjadi salah satu favorit untuk mandi-mandi di alam. Lokasi pemandian ini berada di Kab. Pesisir Selatan.


Pemandian Alam Sako Tapan berokasi di Kampung Muaro Sako Kenagarian Sungai Gambir Sako Tapan dengan jara ± 20 Km dari Pasar Tapan Ke arah Sungai Penuh / Kerinci (kearah timur).

Disini pengunjung bisa melepas lelah sembari menikmati pemandangan dan menghirup udara pegunungan yang menyegarkan. Ditemani suara kicau burung dan gemercik air yang merdu pengunjung dapat mandi secara gratis di sungai yang masih alami dengan batu-batu besar dan air yang jernih bebas dari polisi dan sampah.

23. Lubuak Bonta

Masih ada tempat pemandian di Padang Pariaman yang harus anda coba. Lokasinya ada di Korong Tarok Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.


Di tempat ini ada dua kolam pemandian alami yaitu di bagian atas dan bagian bawah. Air Lubuak Bonta ini masih sangat alami dan bersih. Selain itu di kolamnya juga terdapat ikan-ikan yang berenang bebas.

24. Lubuak Mato Kuciang

Jika anda berada di Padang Panjang, jangan lupa untuk singgah dan mencoba pemandian lubuak mato kuciang.


Lokasi pemandian ini ada di Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang. Airnya berasal dari air pegunungan yang bersih, sejuk dan jernih layaknya mata kucing (mato kuciang).

Sebelum ada mifan waterpark, pemandian ini sangat ramai dan terkenal, namun perlahan mulai redup dan ditinggalkan.

25. Batang Tabik

Kalau anda sedang berada di Kab. 50 Kota, tidak ada salahnya mampir ke Batang Tabik, yang lokasi tepatnya ada d iKenagarian Sei Kamuyang Kecamatan Luak.

Keistimewaan Batang Tabik ini adalah airnya yang alami yang berasal dari sumber mata air, sehingga sangat jernih dan bersih.

Menurut cerita dari generasi ke generasi mata air Batang Tabik berasal dari sebuah mata air di danau singkarak. Katanya sumber airnya tersebut sangat besar sehingga dimasukkan batu ke dalamnya agar airnya tak meluap.

Di salah satu kolam di Batang Tabik ini yaitu di Kolam Ibu, terdapat ikan larangan. Jadi kalau kita berenang disana akan berasa seperti sedang snorkeling di laut.

26. Lubuak Paraku

Lubuak paraku menjadi tujuan wisata mandi-mandi selanjutnya, lokasinya ada di jalan lintas Padang-Solok tepatnya di kilometer 15. Kalau Dunsanak dari Padang menuju Solok lokasinya berada persis pada sebuah tikungan sebelum memasuki tanjakan ke Sitinjau Lauik.

Lokasinya sendiri berada di dalam, tapi tenang tidak jauh kok. Untuk masuk gratis, cuma nanti ada yang jagain parkirnya. Biasanya dikenakan biaya Rp 2.000 – Rp 3.000.

Suasana di Lubuak Paraku sangat alami, air yang mengalir dingin dan segar, ditambah pepohonan yang cukup rindang menambah kesan alami pada objek wisata yang satu ini.

27. Puncak Anai (Pemandian dan Camping Ground)

Kalau anda singgah di lembah anai, jangan lupa untuk singgah di pemandian dan camping ground. Objek wisata ini masih berada di kawasan Anai Resort, ada juga tempat pemandian yang belum lama ini dibangun, namanya adalah Puncak Anai. Disini juga ada kolam pemandian dengan air alami dengan tiga kategori yaitu anak-anak, remaja dan dewasa.


Selain pemandian disini juga tersedia Camping Ground buat yang mau melakukan aktivitas camping. Biaya masuk ke Puncak Anai tidaklah mahal cuma Rp 10.000/orang dan untuk Camping Ground dikenakan biaya Rp 25.000/orang.

28. Air Terjun Timbulun

Air terjun ini cukup menarik untuk kita kunjungi, karena air terjun timbulun memiliki 7 tingkatan. Masing-masing tingkatan membutuhkan kesabaran dan perjuangan untuk mencapainya. Bagi para pengunjung biasanya mencukupkan diri untuk sampai pada titik tingkatan kedua. Sebab, dari titik ini hingga titik selanjutnya, medan yang akan ditempuh akan semakin berat.


Perlu peralatan memadai untuk sampai ke tingkatan terakhir. Air Terjun Timbulun ini berlokasi di sebelah timur Kota Painan. Tepatnya di Kampung Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

29. Muaro Binguang

Satu lagi objek wisata yang tersembunyi di Sumatera Barat adalah muaro bingunang, yang lokasinya ada di Desa Mandiangin, Kabupaten Pasaman Barat.


Destinasi wisata di Pasaman Barat ini disebut sebagai hidden place yang berada di utara Sumatera Barat. Selain karena tempat wisata ini belum populer, lokasinya juga jauh dari pemukiman warga. Selain itu, akses jalan menuju Pantai Muaro Binguang juga tidak mulus. Namun, hal tersebut juga yang membuat Pantai Muaro Binguang menjadi destinasi yang rancak.

Ciri khas pantai yang bersih dengan pasir putihnya adalah idaman setiap orang.

30. Air Terjun Belek

Selain Muaro Binguang, air terjun yang satu ini juga menjadi surga yang tersembunyi di Sumatera Barat.


Lokasi air terjun Belek ini ada di Lubuk Alung. Untuk sampai ke sini, mesti melewati lebatnya pepohonan. Dibutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam untuk menembus belantara Gamaran. Tentunya, akan menjadi petualangan yang menakjubkan. Air Terjun Belek sendiri hanya mempunyai ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini tergolong sunyi dan tenang.

Cocok dengan suasana pekat belantara di sekitarnya. Air Terjun Belek juga berada satu Korong dan tidak jauh dari lokasi Air Terjun Nyarai. Tepatnya berada di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.







Bagaimana? Kira-kira mana saja tempat wisata di Padang Sumatera Barat di atas yang akan anda kunjungi? Atau kalau anda memiliki waktu liburan yang cukup anda bisa mengunjungi seluruhnya. Wah, pasti menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Itulah beberapa Lokasi Liburan di Padang Sumatera Barat yang kami rekomendasikan untuk anda. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Lokasi Liburan di Sumatera Barat yang Wajib Anda Kunjungi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, link spam akan langsung dihapus

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan