Alasan mengapa memancing disebut sebagai olahraga, hoby sekaligus buat kesehatan!

 

Olahraga secara umum didefinisikan sebagai kegiatan menghibur diri bagi para pemainnya. Olahraga membutuhkan upaya fisik, keterampilan, dan terdapat kompetisi didalamnya.

Dalam memancing, upaya fisik juga dibutuhkan untuk meladeni perlawanan ikan besar, terutama saat memancing di laut. Keterampilan adalah kebutuhan mutlak, sebab memancing bukanlah ilmu pasti : umpan dan teknik yang kita gunakan hari ini bisa jadi tidak akan menghasilkan kuantitas ikan yang sama di hari kemudian.

Dalam hal kompetisi, setiap pemancing pasti setuju jika dirinya termotivasi untuk menangkap ikan paling besar dan paling banyak dibanding pemancing lainnya, bahkan jika itu rekanannya sendiri.

Ada banyak event kompetisi memancing yang dapat ditemui, mulai dari memancing di kolam-kolam pemancingan hingga turnamen memancing di laut lepas.

Memancing seringkali menjadi perdebatan saat disandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Sering muncul pertanyaan, “kenapa memancing disebut sebagai olahraga?”.

Hal ini wajar terjadi, sebab kita pasti beranggapan bahwa memancing tidak seberat melakukan olahraga seperti bermain sepak bola. Memancing justru cenderung terlihat seperti sedang bermalas-malasan.

Untuk dapat menyebutkan aktivitas memancing sebagai olahraga, maka perlu ditarik beberapa point penting tentang apa saja kriteria yang dibutuhkan untuk bisa menyebut suatu aktivitas sebagai olahraga.

Beberapa kriteria tersebut adalah :

1. Olahraga berarti mengeluarkan keringat

Sudah barang tentu, tujuan dari olahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan fisik. Cara kerja olahraga meningkatkan kesehatan fisik adalah dengan membakar kalori dalam tubuh. Ciri dari terjadinya proses pembakaran kalori dalam tubuh adalah keluarnya keringat.

2. Olahraga bertujuan untuk menyehatkan tubuh

3. Olahraga melatih kekuatan atau pembentukan otot

Olahraga berarti aktivitas pengulangan yang bermaksud untuk melatih ketangkasan dan kekuatan. Jika ada proses pelatihan dan penggulangan yang membutuhkan daya kerja tubuh dalam melakukan sesuatu, maka ada besaran energi yang akan ‘terrekam’ dalam otot tubuh.

Dari 3 kriteria diatas, maka berikut adalah beberapa alasan mengapa memancing disebut sebagai olahraga :

  • Berkeringat saat memancing bukanlah hal yang jarang terjadi. Pemancing akan berkeringat saat mendapat sambaran ikan besar dan berusaha menaikkannya ke permukaan. Kalaupun jenis ikan yang sedang dipancing adalah jenis ikan kecil, pemancing tetap akan berkeringat jika harus berlama-lama berjemur dibawah terik matahari.

  • Ada kalanya berjemur dibawah matahari selama 3 jam sama berkeringatnya dengan berlari 5 kilometer selama 50 menit.

  • Pada kasus memancing di laut, ada lebih banyak alasan kenapa memancing dimasukkan dalam kategori olahraga. Alasannya adalah sebagai berikut :
    Menurut pengalaman, menggulung umpan metal jig seberat 60 gram dari kedalaman 50 meter sebanyak 50 kali, sama dengan angkat beban 5 kilogram sebanyak 50 kali.
    Meladeni perlawanan ikan selama 30 menit sama dengan melakukan push-up sebanyak 20 kali.

  • Saat memancing, ada waktu dimana pemancing akan berlama-lama berdiri sambil memegang jorannya. Posisi berdiri dalam waktu yang cukup lama membantu seseorang mendapatkan postur tubuh yang ideal. Posisi ini juga berguna melatih kekuatan otot kaki dan daya tahan. Melempar dan menarik umpan secara berulang juga dapat membantu proses pembentukan otot lengan.
  • Memancing adalah alasan kenapa seseorang memakan ikan. Ikan memiliki sumber protein yang kaya.
    Seperti rutinitas dalam olahraga, nutrisi tubuh adalah sesuatu yang penting untuk menjaga stamina. Memakan ikan sama artinya dengan menjaga kesehatan tubuh.

Kebanyakan aktivitas memancing memang tidak seberat yang disebutkan diatas. Akan tetapi ada beberapa hal yang kebanyakan orang akan setuju tentang pendapat diatas, seperti : Berjemur dibawah sinar matahari, berdiri untuk waktu yang lama, melempar dan menarik pancingan secara berulang, dan manfaat dari memakan ikan. Hampir semua aktivitas memancing akan memenuhi syarat diatas, tidak terkecuali ikan apa yang dijadikan target tangkapan, dimanapun memancing dilakukan (: di sungai, danau, ataupun laut), dan teknik apa yang ia gunakan.

Satu lagi hal yang pasti tentang memancing adalah dengan memancing seseorang mendapatkan hiburan untuk pemulihan jiwa. Ini adalah salah satu bagian penting dari nilai dasar kegiatan olahraga.

Memancing membutuhkan kesadaran dan fokus dari pemancing. Kesadaran dan fokus ini membantu pemancing melepas ketegangan dari pekerjaan atau rutinitas harian. Akibatnya, orang yang sedang memancing akan merasa lebih santai dan kurang cemas.

0 Response to "Alasan mengapa memancing disebut sebagai olahraga, hoby sekaligus buat kesehatan!"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, link spam akan langsung dihapus

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan